Kerta Gosa Dan Sejarahnya

Ditulis oleh: -
tempat wisata, tari bali,pura,kebudayaan bali
Kerta Gosa merupakan salah satu objek wisata di Bali yang sarat akan nilai sejarah. Lokasi bangunan ini terletak ditengah-tengah jantung kota Klungkung, berdekatan dengan Puri Agung Klungkung yang merupakan pusat pemerintahan pada jaman kerajaan dulu.

Tidak ada bukti tertulis yang menyebutkan secara pasti kapan Kerta Gosa ini dibangun, akan tetapi dari Candra Sangkala (penulisan berdasarkan dauh waktu) yang terpahat pada pintu masuk utama bangunan ini yang berbunyi "Cakra-Yuyu-Paksi-Paksi yang bila diterjemahkan akan menjadi deretan angka "1-6-2-2" maka dapat disimpulkan bahwa Kerta Gosa ini dibangun pada tahun 1622 Caka atau sekitar tahun 1700 Masehi.

Pada awalnya Kerta Gosa merupakan bangunan yang digunakan sebagai tempat mengadakan rapat kerajaan untuk membahas tentang kemakmuran dan kesejahteraan rakyat Klungkung. Sesuai dengan arti dari nama "Kerta Gosa", kerta artinya kesejahteraan atau kemakmuran dan Gosa artinya diskusi/ tempat diskusi. Akan tetapi setelah Belanda berhasil menaklukkan kerajaan Klungkung pada perang Puputan (perang sampai titik darah penghabisan) yang terjadi pada tanggal 28 April 1908 Kerta Gosa kemudian beralih fungsi menjadi tempat peradilan. Semua bentuk perkara baik perkara kerajaan ataupun perkara adat disidangkan dan diputuskan disini.

Yang menarik dari bangunan Kerta Gosa ini adalah pada langit-langitnya dipenuhi oleh lukisan yang bercerita tentang hukum Karma Phala (hukum sebab akibat). Contohnya orang yang semasa hidupnya senang menyakiti orang dengan ilmu hitam maka ketika ia meninggal digambarkan arwahnya mendapat siksaan berupa direbus dalam kawah api.

Disebelah barat bangunan Kerta Gosa terdapat sebuah Bale Kambang yaitu bangunan yang dibangun ditengah-tengah kolam besar yang disebut Taman Gili. Dan untuk lebih memperdalam pengetahuan kita tentang sejarah dan budaya kota Klungkung di areal Kerta Gosa telah dibangun sebuah Museum Budaya yang menyimpan benda-benda bersejarah peninggalan kerajaan Klungkung.

0 komentar "Kerta Gosa Dan Sejarahnya", Baca atau Masukkan Komentar

Posting Komentar

Baca juga

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...